Institut Teknologi Sains Bandung

erdirinya Departemen Sistem Kimia berawal dari Agenda Studi Teknik Gas pada tahun 1981 yang ialah hasil kerjasama antara FTUI dengan Pertamina. Pada tahun 2010, Departemen Teknik Kimia memperoleh akreditasi internasional dibanding AUN. Sementara di Nusantara sendiri, Departemen Teknik Kimia memperoleh akreditasi A dari BAN-PT. KBI Fisika Instrumentasi mengkaji aplikasi sifat nyata material yang berkaitan beserta mekanisme kerja sensor, baik sensor mekanik, magnetik, optik, maupun kimia. Riset pada KBI mengarah kepada pengembangan devais sensor, sistem pengukuran, sistem kendali, dan bentuk akuisisi data yang dapat diaplikasikan pada pengukuran dalam bidang Material, Medis, Biologi dan Kimia. Pengembangan dengan dilakukan tidak saja mencakup pembangunan perangkat keras serta lunak sehingga sistem yang dikembangkan bersifat otomatis serta intelijen. Sistem yang dikembangkan dapat berukuran kecil menggunakan microcontroller maupun sistem berbasis PC yang dilengkapi Keterangan Acquisition System.

Karet mahasiswa sangat antusias dalam memberikan pertanyaan untuk didiskusikan kepada narasumber. H. Rokhmin Dahuri, MS menjadi punca dalam Kuliah Umum di Universitas Lambung Mangkurat secara tema Reorientasi Pembangunan Sistem Pendidikan dan Inovasi buat Kemajuan, Kesejahteraan dan Kelonggaran Bangsa Indonesia (17/10/2017). Acara ini berlangsung di Balairung Rektorat lt. 1 & dihadiri oleh Wakil Rektor IV Prof. Dr. Ir. H. Yudi Firmanul Arifin, M. Sc, Dekan, tutor, serta mahasiswa di lingkungan ULM. H. Rokhmin Dahuri, MS Menyampaikan bahwa berdasarkan fakta empiris dan bukti sejarah negara yang tumbuh dan makmur adalah negeri yang menguasai sains teknologi dan menguasai inovasi dengan 75% teknologinya dihasilkan sama negaranya sendiri.

Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia kudu terus mendorong hasil penyelidikan dari perguruan tinggi guna bisa diindustrikan, mengingat kehendak teknologi di Indonesia sedang banyak diimpor dari negara lain. ICST kembali digelar oleh Badan Penerbit dan Publikasi UGM untuk periode kelima pada 30–31 Juli 2019 bertempat di Eastparc Hotel, Yogyakarta.

ICST ialah rangkaian dari konferensi ilmiah UASC yang memberikan garis haluan akademis ideal bagi para peneliti untuk mempresentasikan kinerja penelitian bidang sains serta teknologi. Penyelenggaraan ICST tahun 2019 ini juga ialah salah satu rangkaian perayaan Lustrum ke-14 UGM kecuali konferensi BioMIC yang bakal dilaksanakan pada 12–13 September 2019 sebagai wujud tekad UGM di bidang penelitian. Beasiswa riset di India ini berlangsung selama tertinggi 3 bulan dan meliputi bidang ilmu utama, seperti teknologi, sains, teknik, dan kedokteran yang dapat dikerjakan pada lembaga-lembaga penelitian di India. Mengembangkan program-program pemerolehan Hak Atas Kekayaan Intelektual /paten terhadap hasil penjelasan bidang sains dan teknologi. Jakarta – Sekarang, Indonesia sedang memasuki masa ekonomi berbasis pengetahuan atau Knowledge Based Economy, era yang mana pengetahuan menjadi sumber kompetensi strategis bagi kemajuan & kesejahteraan suatu negara. Bertentangan dengan sumber daya dunia, pengetahuan tidak akan selesai dan bahkan, pengetahuan dapat diciptakan kembali.

Menyelenggarakan dan merangsangkan kerjasama dengan pemerintah serta lembaga swasta dalam lebar pendidikan, penelitian, dan loyalitas kepada masyarakat, baik internasional maupun internasional. Menyelenggarakan program-program akademik dalam bidang sains dan teknologi terapan yang berkualitas untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berlandaskan nilai-nilai Islam.

Perubahan luar biasa cepat yang digerakkan oleh KBE ini berdampak luas pada semua sektor, dikategorikan sektor sains dan teknologi, dan tidak hanya sampai pada spektrum teknologi computer digital saja. Untuk menjawab tolakan KBE, peran sentral pekerjaan berbasis sains, teknologi, sistem, dan matematika atau Science, Technology, Engineering and Math menjadi krusial dalam meningkatkan kontribusi pendidikan dalam pertumbuhan ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *